Kamis, 13 Maret 2014

HUKUM MELETAKKAN UANG DIDALAM AL-QUR'AN



HUKUM MELETAKKAN UANG
 DI DALAM AL QUR'AN

بسم الله الرحمن الرحيم . الحمد لله رب العلمين , اللهم صلى على سيدنا محمد , وعلى اله سيدنا محمد

            Kita ketahui bahwa banyak sekali orang yang menyimpan atau meletakkan uang di dalam al-Qur’an maupun kitab-kitab dan meletekkannya dilembaran-lembarannya. Dengan alasan agar lebih aman dari kehilangan yang disebabkan dicuri oleh makhluk halus, atau bahkan tidak dengan alasan tersebut. Disebutkan didalam kitab Fathul Mu’in hal 84 :

ووصع نحو درهم في مكتوبة ﻭﻋﻠﻢ ﺷﺮﻋﻲ. ﻭﻛﺬﺍ ﺟﻌﻠﻪ ﺑﻴﻦ ﺃﻭﺭﺍﻗﻪ

Artinya : “dan haram meletakan semacam uang di tempat yang tertulis al quran atau ilmu syara atau menyisipkan pada lembaran-lembarannnya .

Kemudian disebutkan juga didalam kitab Hasyi’ah I’anantu at-Thalibin Juz 1 hal 49 :

ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﺿﻊ ﻧﺤﻮ ﺩﺭﻫﻢ ﺑﺎﻟﺮﻓﻊ، ﻣﻌﻄﻮﻑ ﺃﻳﻀﺎ ﻋﻠﻰ ﺗﻤﻜﻴﻦ. ﺃﻱ ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻭﺿﻊ ﻧﺤﻮ ﺩﺭﻫﻢ. ﻭﻗﻮﻟﻪ: ﻓﻲ ﻣﻜﺘﻮﺑﻪ ﺃﻱ ﻓﻴﻤﺎ ﻛﺘﺐ ﻓﻴﻪ ﻣﺼﺤﻒ، ﺃﻱ ﻗﺮﺁﻥ، ﻛﻠﻪ ﺃﻭ ﺑﻌﻀﻪ. ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﺍﻟﻨﻬﺎﻳﺔ: ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺟﻌﻞ ﻧﺤﻮ ﺫﻫﺐ ﻓﻲ ﻛﺎﻏﺪ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ. ﺍﻩ. ﻗﺎﻝ ﻉ ﺵ: ﺃﻱ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﻣﻦ ﻛﻞ ﻣﻌﻈﻢ. ﻛﻤﺎ ﺫﻛﺮﻩ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﻓﻲ ﺑﺎﺏ ﺍﻻﺳﺘﻨﺠﺎﺀ.ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻤﻌﻈﻢ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻜﺎﺗﺒﺎﺕ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ، ﻣﻤﺎ ﻓﻴﻪ ﺍﺳﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻭ ﺍﺳﻢ ﺭﺳﻮﻟﻪ ﻣﺜﻼ، ﻓﻴﺤﺮﻡ ﺇﻫﺎﻧﺘﻪ ﺑﻮﺿﻊ ﻧﺤﻮ ﺩﺭﺍﻫﻢ ﻓﻴﻪ. ﺍﻩ )ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻋﻠﻢ ﺷﺮﻋﻲ( ﺑﺎﻟﺠﺮ، ﻋﻄﻒ ﻋﻠﻰ ﺿﻤﻴﺮ ﻣﻜﺘﻮﺑﻪ. ﺃﻱ ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺃﻳﻀﺎ ﻭﺿﻊ ﻧﺤﻮ ﺩﺭﻫﻢ ﻓﻲ ﻣﻜﺘﻮﺏ ﻋﻠﻢ ﺷﺮﻋﻲ، ﺃﻱ ﻣﺎ ﻛﺘﺐ ﻓﻴﻪ ﻋﻠﻢ ﺷﺮﻋﻲ ﻛﺎﻟﺘﻔﺴﻴﺮ ﻭﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻭﺍﻟﻔﻘﻪ. ﻭﻟﻮ ﻗﺎﻝ: ﻛﻐﻴﺮﻩ ﻭﻛﻞ ﻣﻌﻈﻢ، ﻟﻜﺎﻥ ﺃﻭﻟﻰ.ﺇﺫ ﻋﺒﺎﺭﺗﻪ ﺗﻘﺘﻀﻲ ﺃﻧﻪ ﺇﺫﺍ ﻭﺿﻊ ﻓﻲ ﻣﻜﺘﻮﺏ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺍﻟﺸﺮﻋﻲ ﻣﻦ ﺑﻘﻴﺔ ﺍﻟﻌﻠﻮﻡ ﻛﺎﻟﻨﺤﻮ ﻭﺍﻟﺼﺮﻑ ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﻣﻌﻈﻢ، ﻭﻟﻴﺲ ﻛﺬﻟﻚ. )ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻛﺬﺍ ﺟﻌﻠﻪ ﺑﻴﻦ ﺃﻭﺭﺍﻗﻪ( ﺃﻱ ﻭﻛﺬﺍ ﻳﺤﺮﻡ ﺟﻌﻞ ﻧﺤﻮ ﺩﺭﻫﻢ ﺑﻴﻦ ﺃﻭﺭﺍﻕ ﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ﻭﻓﻴﻪ ﺃﻥ ﻫﺬﺍ ﻳﻐﻨﻲ ﻋﻨﻪ

Artinya : “(qouluhu wadu dirhamin) dan haram menaruh semodel uang ,yakni yang di dalamnya ada tulisan al qur,an baik keseluruhan tau sebagian. dan ibarot dalam ktb nihayah: tidak boleh membuat semodel mas di jadikan semodel wadah di dalamnya bertulisan lafad basmalah. berkata ali sibromalisi: lain dari al quran setiap yang di agungkan. sebagaimana telah di sebutkan ibnu hajar dalam bab istinja. termasuk yang di agungkan yang terletak di majalah atau semodelnya yang di dalamnya ada ada nama allah atau rosulnya, maka oleh karena itu haramnya untuk menghinanya semodel menaruh uang di atasnya. al-Qur`an adalah kitab suci yg harus dihormati dan dimuliakan. Setiap bentuk perlakuan yg berunsur merendahkan al-Qur`an sangatlah dilarang oleh syari'at. Dan mayoritas ulama mengkategorikan sebagai praktik merendahkan derajat al-Qur`an ialah meletakkan uang di dalam Mushhaf / meletakkannya di antara lampiran-lampirannya dan menghukuminya haram.
والله تعالى اعلم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar